Jumat, 07 Desember 2012

review : RISET DAN STATISTIK DALAM BISNIS


RISET DAN STATISTIK DALAM BISNIS
·         PENGERTIAN
Riset adalah proses ilmiah untuk memperoleh ilmu pengetahuan baru dan hubungan-hubungannya untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Tujuannya untuk membuat penjelasan, menyusun prediksi, serta mengendalikan fenomena yang terjadi di dalam suatu batasan yang ditentukan.
Riset digunakan untuk :
  Penelitian produk dan marketing
  Meramalkan (Forecasting)
Statistik adalah ilmu yang bekerja dengan data angka atau kumpulan data baik berupa bilangan maupun bukan bilangan yang disusun dalam table ataupun diagram yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalaaan. Biasanya ini menjelaskan suatu hal contohnya statistik penduduk, statistik pendidikan, produksi, pertanian, dsb.

·         APLIKASI METODE ILMIAH DALAM BISNIS
1.    Penelitian bisnis merupakan penyelidikan secara sistematis dan kritis tentang fenomena empiris(data yang dihasilkan dari percobaan) yang dikendalikan oleh peneliti.
2.    Kejelasan dari lingkup fenomena yang diteliti berkaitan dengan pengambilan keputusan manajerial

·         PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Pengambilan keputusan adalah proses memilih prosedur tertentu dari berbagai kemungkinan alternatif. Pengambilan keputusan senantiasa berkaitan dengan sebuah problem dan ingin dicapai suatu pemecahan.
Secara harfiah, pengambilan keputusan berarti memotong atau memutuskan  untuk mencapai suatu kesimpulan



·         PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PERUSAHAAN DAPAT DI KLASIFIKASIKAN MENJADI 3 MACAM.
1.    Keputusan strategis: dibuat oleh Manajemen Puncak (Top Management). Keputusan ini bercirikan pada masalah ketidakpastian terutama yang berorientasi pada masa datang. Hasil keputusan yang diambil biasanya berpengaruh pada keseluruhan organisasi.Keputusan yang menentukan arah kegiatan perusahaan jangka panjang.
Contohnya : keputusan mengenai perluasan usaha,dan penentuan jalur produk.
2.       Keputusan taktis: Implementasi dari keputusan strategis.Keputusan taktis seringkali berupa tindakan berskala kecil yang bermanfaat untuk tujuan jangka panjang. Bila pengambilan keputusan taktis bersifat jangka pendek maka pengambilan keputusan strategis bersifat jangka panjang, yaitu memilih strategi alternatif sehingga keunggulan bersaing jangka panjang dapat tercapai.  Jadi pengambilan keputusan taktis harus sesuai dengan tujuan strategis perusahaan.
Contohnya : memberikan harga yang lebih rendah atas suatu pesanan untuk memanfaatkan kapasitas yang berlebih. Keputusan memproduksi komponen dibandingkan membeli untuk mengurangi biaya. Dsb
3.    Keputusan teknis: Keputusan untuk kegiatan rutin sehari-hari, berhubungan dengan pengendalian kegiatan tertentu.
Contohnya : Menentukan jam masuk kerja, jam istirahat, dll.

·         LANGKAH – LANGKAH PEMECAHAN MASALAH dan PENGAMBILAN KEPUTUSAN.
1.    Identifikasi masalah secara jelas.
suatu masalah harus diketahui secara jelas. Tentang apa masalah tersebut, bagaimana asal-usul timbulnya masalah, dan bagaimana masalah tersebut berkembang.
2.    Perincian masalah
rinci masalah tersebut menjadi beberapa bagian aspek.
3.    Pencarian data yang berhubungan dengan problem.
di langkah ini kita harus terjun langsung ke lapangan, cari sebab-sebab timbulnya masalah tsb .
4.    Analisis data
Analisis data diartikan sebagai upaya mengolah data menjadi informasi, sehingga karakteristik
atau sifat-sifat data tersebut dapat dengan 
mudah dipahami dan bermanfaat untuk menjawab
masalah-masalah 
yang berkaitan dengan kegiatan penelitian.
5.    Tetapkan beberapa alternatif(pilihan lain) keputusan yang mungkin
6.    Evaluasi beberapa alternatif, pilih salah satu untuk dicobakan.
7.    Laksanakan

·         METODE PENELITIAN ILMIAH
1.    Metode Survei = peneliti mengumpulkan informasi dengan menggunakan angket. Biasanya dilakukan dengan hal yang berhubungan dengan marketing.
metode ini lebih ekonomis dibandingakan dengan mendatangi konsumen satu persatu.
2.    Metode Observasi = metode ini lebih akurat dan lebih objektif sivatnya daripada metode survei. Metode ini sering digunakan dan sangat baik untuk menetapkan lokasi toko eceran yang akan di dirikan. Observasi merupakan metode dasar dalam analisa pekerjaan dan dalam studi waktu dan gerak.
3.    Metode Eksperimen = metode ini dianggap paling dapat dipercaya. Misalnya untuk melihat efek dari iklan yang sudah di pasang atau melihat efektifitas berbagai metode latihan yang telah diberikan. Agar lebih evektif hasilnya, eksperimen ini membutuhkan waktu banyak dan pengawasan variabel yang mungkin berpengaruh dari luar eksperimen.

·         Analisa Kecenderungan, Korelasi, dan Perkiraan Gabungan
Sudah dijelaskan diatas bahwa peran riset adalah sebagai forecasting (meramalkan). Hal ini merupakan keputusan dengan memperkirakan apa yang akan terjadi esok. Keputusan seperti ini seringkali digunakan oleh para pengusaha dalam kegiatan sehari-hari. Teknik yang dapat digunakan untuk forecasting adalah Analisa Kecenderungan, Korelasi, dan Perkiraan Gabungan
¢  Analisa Kecenderungan didasarkan pada keadaan masa lalu untuk meramalkan masa yang akan datang. Disini diduga tingkat pertumbuhan sama persis dengan masa lalu dan akan terus berlanjut. contohnya : garis pertumbuhan penduduk / garis pertumbuhan produksi.
¢  Korelasi menggambarkan hubungan dua variabel, makin dekat hubungannya, makin tinggi korelasinya. Korelasi dapat positif atau negatif. Contohnya : korelasi (+) jika jumlah penjualan bertambah maka jumlah penghasilan karyawanpun bertambah. korelasi (-) jika nilai uang bertambah maka nilai tukar akan merosot.
¢  Perkiraan Gabungan digunakan untuk meramalkan penjualan yang akan datang.
contohnya : masing-masing kepala daerah penjualan ditanya perkiraan penjualan mereka untuk masa yang akan datang, kemudian jumlah perkiraan ini di analisa lagi oleh manajer penjualan.
·         MENGGUNAKAN UKURAN UNTUK MENYIMPULKAN DATA
ž  Ada 5 cara :
  1. Rata-rata Statistik
  2. Mean
  3. Median
  4. Mode
  5. Penggunaan Angka Indeks
·         MENYAJIKAN DATA
§  Ada 5 bentuk :
1.    Tabel
2.    Grafik
3.    Diagram Lingkaran
4.    Peta Statistik
5.    Grafik Gambar (Pictogram)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar